Manfaat Salad Buah

Manfaat Salad Buah


Tidak seperti lemak, protein, atau pun karbohidrat yang dicerna dan diserap oleh tubuh, serat tidak dicerna oleh tubuh. Akan tetapi, zat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh ini justru membawa manfaat baik.


Serat terbagi menjadi dua jenis, yakni serat larut air dan serat tak larut air. Serat larut air umumnya berbentuk seperti gel. Manfaat serat jenis ini di antaranya untuk memperlambat penyerapan karbohidrat, meningkatkan rasa kenyang, serta menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa serat larut efektif dalam menurunkan berat badan.

Sedangkan serat tak larut air merupakan tipe serat yang akan mengikat makanan di sistem pencernaan untuk dikeluarkan melalui anus. Tak heran, serat ini baik untuk penderita konstipasi agar buang air besar menjadi lebih lancar.


Buah-buahan Kaya akan Nutrisi dan Mencegah Penyakit

Mengambil manfaat salad buah sangat penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Buah-buahan merupakan sumber serat, vitamin, mineral, dan antioksidan alami. Berikut jenis-jenis vitamin dan mineral yang terdapat di dalam buah-buahan serta manfaatnya bagi tubuh:


1. Vitamin A
Menjaga kesehatan mata, jaringan tubuh, kulit, dan menurunkan risiko kanker prostat. Vitamin A juga berperan dalam menjaga daya tahan tubuh dan pertumbuhan tulang.


2. Vitamin B1
Baik untuk kesehatan otot, rambut, kulit, dan saraf.

3. Vitamin B5
Berperan dalam pembentukan sel darah merah, zat kimia otak, dan hormon steroid.

4. Vitamin B6
Mengurangi risiko penyakit jantung, membantu pembentukan sel darah merah, dan memengaruhi nafsu makan, suasana hati, tidur, kemampuan kognitif, dan kekebalan tubuh.

5. Vitamin C
Mengurangi risiko kanker, membantu pembentukan kolagen, menguatkan daya tahan tubuh, dan berperan sebagai antioksidan.

6. Vitamin E
Berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan.

7. Kalium
Menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, dan dibutuhkan dalam kontraksi otot.

8. Mangan
Membantu metabolisme asam amino, kolesterol, karbohidrat, dan pembentukan tulang.

9. Asam folat
Asam folat berperan penting dalam mengurangi risiko keguguran dan cacat pada bayi, membentuk sel tubuh yang baru, mencegah anemia, dan memelihara kesehatan secara umum.




Kandungan vitamin dan mineral tergantung pada jenis buah-buahan. Memasukkan beragam jenis buah-buahan berbeda pada salad buah dapat memaksimalkan asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Berbagai studi membuktikan bahwa mengonsumsi buah-buahan bermanfaat dalam mencegah penyakit maupun menurunkan risiko penyakit, seperti risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, stroke, dan darah tinggi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Salad Buah"

Posting Komentar